Mau Modifikasi Ceper? Ini Plus Minusnya

Sekarang ini, makin banyak orang yang memodifikasi mobilnya. Selain untuk ajang personalisasi diri, part dan bengkel yang ahli untuk membuat mobil ceper makin banyak di Jakarta. Tetapi menggunakan mobil ceper memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Kelebihan Mobil ceper

1.Lebih Aerodinamis dan Stabil

Rendahnya ground clearance dapat menciptakan aerodinamis yang lebih baik. Karena aliran udara di kolong mobil ketika melaju jadi lebih rendah, sehingga mobil akan lebih serasa menempel di tanah. Makanya tidak heran mobil-mobil sport memiliki ground clearance lebih rendah.

Selain itu, karena mobil semakin rendah, maka pusat gravitasi semakin rendah. Sehingga mobil pun akan lebih stabil dan mudah dikendarai ketika melaju cepat di jalanan berbelok.

2.Lebih Keren

Selain untuk tujuan balap dan kestabilan berkendara, mobil yang ceper tentu akan terlihat lebih keren. Apalagi ketika roda dan jarak fender memiliki jarak yang tipis. Tentu akan jauh lebih enak dipandang jika mobil tersebut tinggi. Makanya banyak orang yang menceperkan kendaraannya untuk terlihat lebih keren. Apalagi dengan adanya tren Stance dan Slammed.

Kekurangan Mobil Ceper

1.Tidak Nyaman

Mobil ceper cenderung memiliki suspensi yang lebih keras agar chasis tidak mudah mengenai permukaan jalan. Maka, rasa berkendara dengan mobil ceper tentu akan kurang nyaman dibandingkan suspensi standar.

2. Tidak Praktis

Saat menggunakan mobil ceper tentu kamu tidak mudah dalam menentukan tujuan perjalanan dan rute perjalanan. Pasti kamu mencari jalan yang lebih mulus dan minim polisi tidur. Makanya mobil ceper cenderung jarang digunakan dibanding mobil standar.

Lain lagi ketika bumper mobil ceper kamu harus rusak karena jalanan keluar parkiran yang curam. Apalagi kalau pecah ban, mobil ceper sulit didongkrak karena rata-rata dongkrak yang dijual di Indonesia untuk mobil standar. Repot kan?

Sebenarnya sah-sah saja sih untuk modifikasi mobil. Tetapi sebaiknya pilihlah modifikasi yang mengutamakan fungsi kendaraan. Kalau bisa sih, Form = Function. Hehe. Tapi mobil kamu, ya terserah kamu, kan? Tapi jangan lupa bertanggung jawab atas segala pilihan yaa

Leave a Reply