5 hal yang perlu diperhatikan ketika transaksi jual mobil

Ketika ingin menjual mobil, tentu kamu ingin agar mobil kesayanganmu cepat laku. Semakin lama mobil tersebut tersimpan di garasi, makin banyak permasalahan yang muncul di pikiran. Antara karena kebutuhan mendadak makin mendesak, atau kesempatan untuk beli mobil baru yang makin lama hilang ditelan mimpi. 


Pikiran tersebut tentu akan sirna ketika ada pembeli yang sudah berkomitmen untuk membeli kendaraan mu. Tetapi, agar transaksi aman, kamu perlu memperhatikan beberapa hal penting ini!

1. Perhatikan Lokasi Transaksi

Walaupun pembeli adalah raja, pastikan lokasi kamu berada di lokasi yang umum, atau familiar bagi kamu. Hal ini bukanlah untuk menyatakan jika banyak pembeli yang ingin merampok kamu, tetapi tempat yang familiar tentu akan memudahkanmu untuk pulang ke rumah, atau ke bank. Selain itu faktor keamanan bagi kedua pihak juga penting. Gak lucu kan kalau setelah transaksi, kalian berdua malah kena begal?

2. Bawa kerabat atau keluarga ketika transaksi

Ketika ingin melakukan transaksi, pastikan ada saksi dari pihak kamu. Bawalah kerabat dekat atau keluarga agar proses transaksi tersebut dapat berjalan dengan aman dan valid. Sebaiknya kita mencegah hal buruk agar tidak menimpa kita. Karena banyak kejadian perampokan kendaraan ketika transaksi jual beli lho!

3. Siapkan Surat Jual-Beli

Agar sah di mata hukum Indonesia, persiapkan surat jual beli dengan materai agar transaksi kamu diakui. Selain untuk menghindari orang-orang sirik, segala bentuk poin-poin dari deal yang dimaksud dapat dicantumkan di sana. Jadi jangan sampai ketika sudah 1 bulan pakai, pembeli tersebut ingin mengembalikan mobilnya hehe

4. Sebaiknya transaksi dilakukan melalui transfer

Ya, cashless lebih baik apalagi jika menyangkut uang dalam jumlah banyak. Cukup transfer aja via bank agar transaksi kamu lancar. Hindari transaksi melalui cek, karena banyak sekali perampokan melalui cek kosong yang terjadi di Indonesia. Kalaupun dibayar tunai, gak lucu juga kan bawa plastik isi ratusan juta kemana-mana. 

5. Pastikan pembeli paham benar dengan kondisi kendaraan kamu

Nah, ketika transaksi jual mobil, kamu juga perlu memastikan jika si pembeli sudah mengetahui tentang kondisi mobil nya secara detail. Kamu tentu harus sadar jika pembeli juga ingin barang yang dibelinya berkualitas baik, sama seperti ketika kamu ingin membeli mobil. Maka itu, jangan menutup-nutupi kerusakan yang ada di mobilmu. Biar transaksinya mulus, dan tidak ada hati yang tersakiti 😛

Sebenarnya banyak banget poin-poin yang harus kamu perhatikan ketika ingin menjual mobil. Tetapi ini adalah 5 poin utamanya. Kalau kamu merasa ribet banget untuk memperhatikan hal-hal ini, sebaiknya kamu jual aja di TiinTiin. Prosesnya anti ribet, mobil kamu akan kita yang cek, dan transaksinya di jamin aman via transfer antar bank!
Cek websitenya di www.TiinTiin.id untuk pengalaman jual mobil yang menyenangkan!

Leave a Reply

%d bloggers like this: