Sebelum terlambat, ini dia 5 alasan kenapa kamu harus jual mobil sebelum 2020

Kalau kamu pusing kenapa harga jual mobil yang kamu dapat dengan susah payah jadi turun drastis dibanding ketika kamu beli dulu, maka kamu gak sendiri. Karena semua orang yang membeli mobil tentu akan merasakan penurunan harga. Walaupun jauh berbeda nasibnya jika mobil kamu tersebut adalah mobil yang super langka.

Tapi fenomena yang jelas, setiap tahun harga mobil pasti akan turun mengikuti depresiasi. Selain itu ada faktor lain yang membuat mobil kamu jadi murah. #TeamTiinTiin sudah mengumpulkan alasannya untuk kamu

1. Penggunaan secara umum

Sama seperti handphone dan barang yang kamu gunakan sehari-hari, usia mobil akan mempengaruhi kondisi, dan tentu harganya. Semakin lama kamu memiliki sebuah mobil, dan semakin banyak kilometer yang sudah kamu jalani bersama, tentu harganya akan turun. Walaupun kamu telaten merawat sebuah mobil, kamu tidak dapat melawan harga pasaran. Apalagi jika kamu ingin mobil tersebut cepat laku.

2. Banyak Munculnya Model Terbaru

Nah jika kamu penasaran kenapa kamu sulit melawan harga pasaran, itu terjadi ketika setiap tahun ada mobil yang baru keluar. Baik dari merek yang sama ataupun berbeda, adanya model baru dan tipe baru akan mempengaruhi harga model yang lama. Maka tidak heran kan ketika akhir tahun banyak diskon-dison mobil baru?

3. Perubahan Minat Pasar

Selain harga pasar, ada faktor peminat. Sama seperti mobil sedan di Indonesia. Ketika di era 70-90an, banyak masyarakat yang suka menggunakan mobil sedan. Tetapi sekarang, kebanyakan orang Indonesia menyukai tipe MPV karena bisa memuat lebih banyak orang. Nah karena adanya perubahan minat, tentu akan merubah pasaran harga mobil bekas. Sama halnya dengan minat pengguna mobil eropa di Indonesia. Karena sedikit peminatnya, tentu kamu sering melihat harga jual mobil bekas mobil eropa yang jauh rata-ratanya dibanding mobil Jepang. Nah, ketika tahun 2020 nanti, minat pasar bisa berubah kan?

4. Kondisi Mobil yang Menurun

Alasan ini sebenarnya masih menjadi perdebatan. Karena sebaik apapun kita merawat kendaraan, pasar menentukan harga dari waktu, kondisi, dan penggunaan. Misalnya, walaupun kamu sudah mengganti ban, suspensi, hingga overhaul mesin, tentu harga mobilmu tidak dapat setinggi ketika baru. Karena chasis dari mobil yang kamu miliki tetap berumur. Lain hal nya jika mobil kamu merupakan kategori mobil hobby. Tetapi mencari pembeli nya merupakan tantangan tersendiri.

5. Isu Sosial

Hehe, isu sosial juga bisa berpengaruh lho! Seperti halnya isu jika membeli mobil eropa merupakan kesalahan finansial. Banyak pengguna yang beranggapan jika mobil eropa itu boros, dan memiliki biaya perawatan yang mahal. Padahal jika kamu membeli mobil eropa baru seperti BMW, kamu akan mendapatkan garansi penggunaan (Mesin, dan Suspensi) selama 5 tahun. Selain itu, jika kamu menggunakan tipe BMW Diesel, kamu bisa mendapatkan konsumsi bensin rata-rata 15 Kilometer per Liter! Ya, isu-isu sosial seperti ini bisa mengarahkan persepsi seseorang terhadap sebuah merek dan tipe kendaraan. Makanya kalau mau jual kendaraan yang anti ribet, kamu bisa cek di www.TiinTiin.id. Prosesnya cepat, dan menyenangkan!

Leave a Reply

%d bloggers like this: