Mengemudi Terjebak Banjir? Cek Tips Ini Coy!

Daerah sekitar Jakarta, Bekasi, dan Tangerang kini sedang diramaikan dengan fenomena banjir. Selain menimbulkan macet, banyak mobil yang akhirnya harus ‘gugur’ karena melewati macet. Sebenarnya ada trik untuk mengemudi di kala banjir.

Walaupu kamu perlu sadar jika mengemudi menerjang banjir adalah kegiatan yang beresiko dan berbahaya. Selain air dapat masuk ke bagian mesin dan menyebabkan kerusakan. Kamu tidak dapat melihat benda2 apa yang ada di dalam air, dan tentu kondisi jalan dan parit tidak akan terlihat. Belum lagi kamu akan sulit mengendalikan mobil yang harus melawan kepungan air.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba saat terjebak banjir ketika berkendara:

1. Berhenti

Jika jalanan yang kamu lintasi dengan kendaraan benar-benar tergenang air yang sangat tinggi, dan terlihat melebihi tinggi kenalpot. Sebaiknya jangan ambil resiko lebih lanjut, sebaiknya berhenti. Bertahan di dalam kendaraan dapat membahayakan nyawa. Kendaraaan bisa saja terseret arus atau terendam habis oleh ketinggian air.

2. Jangan nyalakan ulang mesin

Saat mobil kamu ada di tengah-tengah banjir dan mesin mati, jangan coba untuk menyalakan mesin. Kerusakan pada bagian listrik dan mesin dapat terjadi jika kamu melakukan ini. Daripada makin rugi, sebaiknya bersabar coy!

3. Periksa posisi air intake di mobil

Jika air intake atau asupan udara di mobil diposisikan terlalu rendah, maka lebih baik jangan mengemudi. Hal ini karena saat demikian, air dari banjir akan lebih mudah tersedot ke dalam mesin.

4. Gunakan gigi satu

Jika mengemudi mobil tranmisi manual, pastikan gunakan gigi satu di area banjir. Jangan lupa untuk tekan pedal kopling sedikit ke bawah dengan pedal gas untuk menjaga air keluar dari pipa knalpot.

5. Gas Terus, Mesin Jangan Sampai mati

Jika kamu berencana ingin menerobos banjir. Pastikan untuk tetap jalan dan tidak berhenti. Karena kalau kamu berhenti, tentu akan menimbulkan resiko mesin mati. Utamakan maju pelan-pelan yaa

6. Jaga jarak

Jaga jarak dengan kendaraan lainnya saat kamu terjebak di area yang terkena banjir. Hal ini penting untuk menghindari kecelakaan yang mungkin terjadi, mengingat banyak mobil dan kendaraan lain yang sulit dikendalikan dalam situasi itu.

7. Nyalakan lampu

Jika mendesak dan kondisi pada malam hari, coba nyalakan lampu kendaraanmu agar memudahkan pengemudi lain melihat dengan jelas. Biasanya, area banjir berada dalam kondisi cukup gelap saat siang karena hujan. Ini dapat menjadi signal bagi pengemudi lain jika mobilmu tetap bergerak coy~

Leave a Reply